Sabtu, 15 September 2012

Dua Langkah Mengubah Nama File Secara Kelompok dengan Cepat di Windows 7


Mengubah nama sebuah file di Windows 7 memang cara yang mudah. Anda tinggal klik kanan pada sebuah file dan rename sesuai dengan nama yang Anda inginkan, maka nama file tersebut sudah berganti. Namun, bagaimana jika Anda ingin memberi nama beberapa file secara bersamaan?

Windows 7 ternyata memberikan fasilitas yang memudahkan Anda untuk secara sekaligus mengubah nama beberapa file. Langkah tersebut pun bisa Anda lakukan tanpa harus menginstal sebuah aplikasi tambahan. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah memanfaatkan Windows Explorer dan yang kedua adalah menggunakan Comamnd Prompt.
Windows Explorer
Tak semua orang mengetahui fitur ini, karena memang sedikit tersembunyi. Caranya pun cukup mudah. Pertama pastikan semua file yang ingin Anda ubah memiliki ekstensi yang sama. Misalnya gambar dengan ekstensi .jpg atau yang lain.
Selanjutya, Anda tinggal pilih semua file yang ingin Anda ubah namanya, dan pilih salah satu dan ubah namanya sesuai dengan yang Anda inginkan. Maka hasilnya akan sebagai berikut.

Command Prompt
Untuk memakai metode Command Prompt, Anda perlu membuka command Window. Cara paling mudah untuk membuka Command Prompt adalah dengan menekan tombol Shift+klik kanan dan pilih Open Command Window Here. Pastikan Command Prompt sudah tertuju dalam folder di mana file yang ingin Anda ganti namanya.
Perintah untuk mengganti nama melalui Command Prompt pun sangat mudah. Anda hanya tinggal mengetikkan perintah rename atau ren. Dengan langkah ini, Anda bisa dengan mudah mengganti ekstensi dari beberapa file sekaligus. Misalnya dalam contoh berikut adalah mengganti dari file dengan ekstensi .txt menjadi .html.
Sumber : beritateknologi.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak, selalu meninggalkan komentar yang tidak mengandung unsur sara " Terimakasih untuk komentar Anda "